Tips Memilih Motherboard Terbaik


Motherboard adalah induk dari sebuah komputer, motherboard akan menjadi tempat terpasangnya komponen-komponen komputer lain. Motherboard juga akan menentukan fitur dan teknologi yg dimilik oleh sebuah komputer. Karena itu pemilihannya tidak bisa sembarang, harus sangat selektif dan teliti. Perhatikan hal-hal berikut ini agar kalian bisa memilih motherboard yg terbaik dan sesuai dengan kebutuhan.

  

1. Cocokan Motherboard Yg Kalian Pilih Dengan Jenis Socket Yg Benar


Sebelum memilih motherboard, kalian seharusnya sudah memilih processornya terlebih dahulu. Jenis socket yg digunakan oleh processor haruslah sama dengan jenis socket pada motherboard.

Terdengar sepele memang, tapi kalian gak akan mau buang-buang waktu buat browsing online dan kemudian kalian sadar kalau motherboard yg kalin pikir sempurna itu memiliki jenis socket yg salah.

2. Tentukan Chipset Yg Tepat Buat Kalian


Chipset secara garis besar berfungsi untuk mengontrol dan melakukan komunikasi antar hardware, chipset membuat processor dan komponen lainnya dapat bekerja bersama-sama dengan lancar.

Chipset akan memberikan fitur tambahan pada komputer kalian, jadi pemilihan yg tepat akan sangat penting. Ada chipset yg dilengkapi dengan fiture VGA on-board, overclocking, SLI, Crossfire, dsb. Pilihlah chipset berdasarkan kebutuhan kalian, jika membutuhkan VGA on-board maka pilihlah chipset yg dilengkapi dengan VGA on-board.

3. Cek Tipe Memori Dan Kapasitasnya


Cek jenis memori yg di support oleh motherboard yg akan kalian pilih, apakah itu DDR3 atau DDR4. Pastikan motherboard dan memory memiliki versi yg sama, karena kalo beda versi ya gak bisa dipake gan.

Cek berapa kapasitas memory yg disupport oleh mobo, pastikan bahwa besarannya memenuhi kebeutuhan memory yg kalian perlukan. Dan kalau ingin quad channel pastikan juga kalau mobonya support ya gan.

4. Slot PCIe (SLI & Crossfire)


Buat gamer atau siapa aja yg memerlukan VGA card kelas atas, harus memperhatikan tata ruang dari slot PCIe. Beberapa motherboard didesain untuk mengakomodasi VGA Card yg lebih panjang dan lebar, selain itu ada juga mobo yg dilengkapi dengan teknologi Crossfire dan SLI.

Apa itu SLI(NVidia) dan Crossfire(AMD), itu adalah teknologi yg memungkinkan user untuk menggunakan multiple VGA Card pada satu motherboard. Teknologi ini juga sangat berguna buat para gamers karena game akan bisa dimainkan dalam frame rates yg jauh lebih tinggi.

Jika kalian berancana untuk menambahkan beberapa expansion card pada slot PCIe, semisal PCIe SSD, wireless card, dll. Maka jumlah slot PCIe harus jadi bahan pertimbangan, pilihlah motherboard yg memiliki jumlah slot PCIe yg memadai.

5. Tentukan Jenis Koneksi Dari Storage Device


Sekarang ini storage device datang dengan berbagai macam jenis koneksi, mulai dari SATA, M.2, dan PCIe. Pastikanlah kalau mobo kalian punya jenis slot yg sesuai dengan storage device yg akan kalian pakai. Sebagai contoh, jika ingin memakai M.2 SSD pastikan saja mobonya juga punya slot M.2.

Dan untuk SATA usahakan SATAnya sudah SATA III 6Gb/s, jumlah slotnya juga usahakan agar lebih dari yg kalian butuhkan, jaga-jaga kalau kalian ingin menambah storage kedepannya.

6. Ukuran Dari Motherboard (Form Factor)


Motherboard datang dengan tiga ukuran utama, ATX(full size), Micro ATX(medium size), dan Mini ATX(small size). Ukuran board akan berpengaruh pada jumlah slot yg ditawarkan, board ATX menawarkan slot yg lebih kaya dan memadai daripada dua board lainnya.

Ukuran motherboard juga akan sangat menentukan ukuran dari casing komputer kalian. Pastikanlah ukuran casing dan motherboard itu pas, meskipun dimungkinkan untuk memuat board kecil pada casing yg lebih besar.





Tips Memilih Motherboard Terbaik Tips Memilih Motherboard Terbaik Reviewed by Casper on 8:22 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.