Tips Memilih VGA Card Terbaik



Aktifitas seperti bermain game, menonton video dengan resolusi tinggi, mengedit video, dan 3D modeling, adalah contoh aktifitas yg menuntut adanya VGA card yg mumpuni pada sebuah komputer. Tanpa adanya VGA card yg mumpuni sudah dapat dipastikan kalian tidak akan mendapat performa dan hasil yg memuaskan. Agar tidak salah pilih ketika membeli VGA pastikan untuk memperhatikan hal-hal di bawah ini

1. GPU (Graphic Processing Unit)


GPU adalah processor yg terdapat pada VGA, bisa dikatakan GPU merupakan otak dari sebuah VGA. Pada proses pengolahan grafis, GPU ini bekerja dengan lebih efisien daripada processor biasa. Saat ini ada dua merk GPU yg memiliki track record bagus yaitu, NVidia dan AMD Radeon.

Hal lain yg harus diperhatikan dari GPU adalah clock speednya. semakin besar nilai clock speed semakin cepat pula GPU melakukan proses pengolahan grafis.  Nilai clock speed dilambangkan dengan MHz.

2. Tipe Memory


Sebuah VGA card itu memiliki memorinya tersendiri, chip memory ini berfungsi untuk menyimpan data yg akan diproses oleh GPU. Semakin baru tipe dari sebuah memory semakin cepat pula proses transfer datanya. Versi terbaru saat ini adalah GDDR5, GDDR5 ini jauh lebih baik daripada GDDR3 karena mampu mentrasfer lebih banyak data pada kecepatan yg lebih tinggi. Disebutkan bahwa GDDR5 ini mampu mentransfer data sebanyak 4 kali dalam satu clock cycle. Jadi pastikanlah kalian memiliki VGA dengan tipe memory paling baru.

3. Bandwith Memory


Bandwith adalah jumlah data yg dapat diakses oleh GPU pada bus memory. Besaran bandwith akan menentukan seberapa cepat sebuah objek bisa di render, dengan kata lain besarnya bandwith akan sangat mempengaruhi performa yg dihasilkan. Pada VGA card, bandwith biasanya ditulis sebagai "memory bit rate" (32bit, 64bit, 128bit, 256bit, 512bit, dst). 

Catatan, besarnya bandwith lebih berpengaruh pada performa sebuah VGA dari pada besarnya kapasitas memory.  GDDR5 memberikan bandwith dua kali lebih besar dari pada GDDR3 pada clock rate yg sama.

4. Memory Clock Speed


Sama seperti pada GPU clock speed, memory clock speed juga ditunjukan dengan satuan MHz. Besaran nilai clock speed menunjukan seberapa cepat data dapat ditransfer. Semakin cepat nilai clock speed semakin bagus kinerjanya.

5. Kapasitas Memory


Memiliki kapasitas VRAM yg lebih besar itu bagus karena akan mengurangi beban dari RAM komputer (terutama jika menggunakan multi monitor). Tapi perlu diingat kalian lebih membutuhkan memory yg cepat (bandwith yg besar) daripada kapasitas memory yg besar, kalian lebih membutuhkan mesin mobil yg cepat daripada tangki mobil yg besar. Jangan sekali-kali menjadikan kapasitas VRAM sebagai patokan utama. Contoh kapasitas VRAM, 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb, 4 Gb, dst.

6. Jenis PCIe


Ada 3 jenis PCIe yaitu 1.0, 2.0 dan 3.0, dengan pilihan kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x dan 16x, untuk sekarang usahakan pilih motherboard yang memiliki PCIe versi 3.0 16x.


Tips Memilih VGA Card Terbaik Tips Memilih VGA Card Terbaik Reviewed by Casper on 4:41 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.