Cara Memilih Memory(RAM) Terbaik



Random Acces Memory (RAM) adalah media penyimpanan data yg bersifat sementara, penyimpanan data didalam RAM bertujuan agar data tersebut dapat diakses secara cepat oleh processor, yg pada akhirnya nanti akan mempercepat kinerja dari komputer. Selain kapasitasnya ada faktor-faktor lain yg harus diperhatikan dalam memilih memory, untuk lebih jelasnya perhatikan hal-hal dibawah ini.


1. Jenis Memory


Memory komputer datang dengan berbagai jenis, mulai dari DDR2, DDR3, dan DDR4. Satu hal tentang jenis memory adalah, mereka tidak saling kompatible satu sama lain, memory DDR4 hanya bisa dipasang pada slot DDR4, dan DDR3 hanya bisa dipasang pada slot DDR3. Karena itu hal pertama yg harus kalian lakukan saat memilih memory adalah, memastikan kalau jenisnya kompatible dengan slot pada motherbord.

Jenis memory yg paling baru adalah DDR4, DDR4 lebih cepat dan lebih hemat tenaga daripada jenis lainnya. Untuk komputer baru disarankan untuk menggunakan jenis memory ini, agar bisa menggunakan memory DDR4 pastikan untuk memilih procie dan mobo yg support DDR4.

2. Kapasitas Memory


Untuk kapasitas memory, secara sederhana semakin besar itu semakin baik. Meskipun perlu diingat juga kalau kapasitas memory itu bukan faktor tunggal yg menentukan baik buruknya kinerja sebuah memory, masih ada faktor lain seperti clock speed, bandwith, tipe. dsb.

Kapasitas memory yg kalian pilih tidak boleh melebihi kapasitas yg di support oleh slot memory pada motherboard. Kalian tidak bisa memasang memory 8GB pada slot yg hanya support RAM 4GB.

3. RAM Clock Speed


Seperti halnya processor, memory juga punya clock speed yg berbeda-beda. Semakin besar clock speednya semakin cepat pula kinerjanya. Tapi perlu diingat, kalian harus mencocokan clock speed memory dengan clock speed yg di support oleh processor. Rule of thumb dalam memilih RAM clock speed adalah, perhatikan maximum clock speed yg di support oleh processor terus pilihlah memory yg clock speednya sama atau paling mendekati.

4. Beli Paketan


RAM bekerja lebih baik dalam pasangan, teknologi seperti dual channel akan memberikan bandwith yg lebih besar, yg mana akan mempercepat kinerja memory. Menggunakan memory dual channel 4*2GB akan lebih baik daripada memory single channle 8GB, karena itulah usahakan membeli memory yg dalam paketan(kit).

Cara Memilih Memory(RAM) Terbaik Cara Memilih Memory(RAM) Terbaik Reviewed by Casper on 6:48 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.