Apa Itu Quad Channel, Triple Channel, Dual Channel Pada RAM Memory



Ketika berbicara tentang RAM kita sering mendengar istilah dual channel, triple channel, & quad channel, tapi apa sih maksud dari istilah-istilah tersebut ? Istilah-istilah tersebut merujuk pada teknologi multi channel memory, sebuah teknologi yg dapat meningkatakan kecepatan transfer data antara RAM dan memory controller dengan cara menambah channel komunikasi antar mereka. Secara teoritis, kecepatan transfer akan berlipat ganda sesuai dengan jumlah channel yg ada.

Tapi perlu diingat teknologi multi channel ini tidak terletak pada RAMnya itu sendiri, tetapi terletak pada motherboard dan processor. Jika mobo dan procie yg ada hanya support single channel, meskipun dipasangi multiple RAM hasilnya akan tetap single channel.

Maka dari itu sangatlah penting untuk memastikan teknologi apa yg disupport oleh mobo dan procie kalian. Sistem yg support channel yg lebih tinggi bisa dijalankan pada channel yg lebih rendah tetapi tidak sebaliknya. Sebagai contoh, quad channel akan bekerja pada triple channel jika hanya dipasang 3 modul RAM dan akan bekerja pada dual channel jika dipasangi 2 modul RAM saja. Tetapi sebaliknya system yg dual channel tidak akan bisa jadi quad channel meskipun dipasangi 4 modul RAM, hasilnya akan tetap dual channel.

Terus apa benefit dari sistem multi channel ini? Seperti yg telah disebut diatas bahwa sistem ini akan meningkatkan kinerja dari RAM yg ada, peningkatan kinerja ini didapatkan dengan cara melipatgandakan bandwidth atau jumlah data yg dapat ditransfer pada satu waktu. Sebagai contoh, sebuah unit komputer menggunakan motherboard yang chipset-nya menyediakan fitur dual channel untuk memori. Pada motherboard tersebut dipasang dua buah modul memori DDR2 PC2-6400. Secara teoritis, bandwith maksimum setiap keping modul memori adalah 6400 MB/s, total untuk dua keping memori menjadi 2 x 6400 MB/s = 12800 MB/s. Jika fitur dual channel diaktifkan, maka total bandwith kedua keping modul memori meningkat dua kali lipat menjadi 2 x 12800 MB/s = 25600 MB/s atau 25,6 GB/s.

Sedangkan dalam segi pengaplikasian, bisa dikatakan sistem multi channel ini sangatlah mudah. Kalian hanya perlu memasukan modul-modul RAM pada slot memory yg ada. Tapi perlu diingat peletakan modul RAM harus pada slot dengan warna yg sama. Jika modul memory yg pertama diletakan pada slot warna A maka modul yg lainnya juga harus diletakan pada slot warna A juga. Pemasangan  pada slot dengan warna yg berbeda akan mengakibatkan fitur dual channel, tripel channel atau quad channel tidak akan aktif.

Lalu adakah syarat untuk modul RAMnya itu sendiri? Sebenarnya tidak ada syrarat khusus untuk itu, hanya saja untuk meminimalisir error yg mungkin terjadi sebaiknya kalian menggunakan modul RAM yg identik. Identik dalam artian sama dalam kapasitas, clock speed dan bandwithnya, untuk lebih mudahnya sebaiknya beli modul RAM dalam kit/paketan.

Apa Itu Quad Channel, Triple Channel, Dual Channel Pada RAM Memory Apa Itu Quad Channel, Triple Channel, Dual Channel Pada RAM Memory Reviewed by Casper on 6:47 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.